Sabtu, 18 Desember 2010

Menara Hanoi

Dalam legenda menara Hanoi, sebuah biara di Hanoi memiliki tiga buah tiang. Tiang yang satu mamiliki 64 buah piringan emas dengan berbagai ukuran diurutkan dari yang paling besar di bawah sampai yang paling kecil di atas. Para pendeta di kuil tersebut diperintahkan oleh dawa mereka untuk memindahkan semua piringan tersebut tanpa mengubah urutannya. Semua tiang tersebut bisa digunakan, tetapi piringan yang lebih besar tidak boleh diletakkan di atas piringan yang lebih kecil. Pada saat mereka memindahkan piringan yang terakhir, dunia akan kiamat. Berikut akan diberikan penyelesaian dengan tiga buah cincin. Dapatkan Anda mencari tahu barapa banyak pemindahan yang dibutuhkan jika tiga buah cincin digunakan?
1. Simpan cincin-cincin pada satu tiang dengan cincin yang terbesar di bawah dan cincin yang terkecil di atas.
2. Pindahkan satu cincin. Dimulai dengan memindahkan cincin yang paling kecil ke tiang yang paling jauh.
3. Anda tidak dapat menempatkan satu cincin di atas cincin yang lebih kecil, jadi cincin yang di tengah harus dipindahkan ke tiang yang ditengah.
4. Sekarang pindahkan cincin yang paling kecil ke tiang yang tengah, dan tempatkan cincin di atas ukuran menengah.
5. Pindahkan cincin yang paling besar ke tiang yang jauh. Langkah ini menjadikan cincin tadi berada pada posisi akhir yang tepat.
6. Kembalika cincin yang paling kecil ke tiang yang pertama, sehingga cincin yang ditengah menjadi bebas.
7. Tempatkan cincin ukuran sedang di atas cincin yang paling besar. Sekarang Anda mempunyai dua cincinpada tiang yang tepat.
8. Tempatkan cincin yang paling kecil di atas kedua cincin tadi. Sekarang Anda telah memindahkan semua cincin dalan tujuh langkah.



Sumber: Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia. Penerbit: Tarity Samudra Berlian
Tuntas. Penerbit: Graha Pustaka Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar