Kamis, 12 April 2012

Sumber Dana, Penyaluran Dana, dan Layanan Bank

Mekanisme Bank

Bank merupakan suatu lembaga perantara antara nasabah dan kreditor. Namun pada pasar keuangan yang sempurna transaksi tersebut dapat dilakukan tanpa melalui perantara keuangan seperti bank. Karena tanpa melalui perantara keuangan, pasar keuangan sempurna memiliki syarat khusus yaitu harus adanya rasa saling percaya dan saling mengetahui informasi lengkap antara peminjam dan orang yang dipinjami. Akan tetapi kenyataannya tidak setiap orang dapat melakukan hal tersebut, maka pada saat itulah dibutuhkan bank sebagai lembaga perantara keduanya.
          Pada dasarnya prinsip bank berupa “tangan kanan dan tangan kiri”. Tangan kanan berfungsi sebagai sumber dana dengan cara mengumpulkan dana dari nasabah, sedangkan kanan kiri akan menyelurkan dana tersebut kepada kreditor yang akan meminjam sejumlah uang di bank. Pada sisi sumber dana, bank harus mengeluarkan biaya dana yang biasanya berupa bunga bagi nasabah yang menabung. Sedangkan pada sisi penyalur dana, bank mencari keuntungan yakni dengan memberikan bunga pinjaman kepada para kreditor. Mencari profit margin pada bank dapat dilakukan dengan cara mencari selisih antara keuntungan dari hasil penyaluran dana dengan biaya yang harus dikeluarkan pada sisi sumber dana.
          Sumber dana biasanya berupa produk usaha simpanan yang berupa giro, deposito, sertifikat deposito, dan tabungan. Selain produk-prouk tersebut bank juga dapat memobilisasi dana yang diperoleh dari masyarakat dengan menerbitkan surat berharga. Bank tidak seluruhnya menyalurkan dana untuk para kraditor, di samping itu bank pun harus berjaga-jaga untuk kepentingan likuiditasnya, yaitu dengan cara mengalikasikan dalam bentuk kas, simpanan di Bank Indonesia, atau asset lain yang bersifat likuid. Sedangkan porsi utama yang diguhnakan untuk mencari keuntungan bank biasanya di alokasikan dalam bentuk aktiva produktif. Menurut Peraturan Bank Indonesia No. 7/2/PBI/2005 Tentang Penilaian nKualitas Aktiva Ban Umum, Aktiva Produktif adalah penyediaaan dana bank untuk memperolah penghasilan, dana bentuk kredit, surat berharga, penempatan dana antar bank, tagihan akseptasi, tagihan atas surat berharga yang dibeli dengan janji di jual kembali, tagihan derivatif, penyertaan, transaksi rekening administrasi serta bentuk penyediaan dana lainnya yang dapat dipersamakan dengan itu.
          Bank memberikan layanan yang beragam, seperti memberi jasa pengiriman uang-balik yang bersifat lokal, nasional, dan internasional, bank memberi jaminan untuk kegiatan perekonomian, bank menjadi lembaga penjamin keuangan untuk penerbitan saham atau obligasi, dan safe care bank.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus