Sabtu, 05 November 2011

KURVA PENAWARAN

PERGESERAN KURVA PENAWARAN


Penawaran tidak hanya dipengeruhi oleh harga, akan tetapi ada faktor yang dapat mampengaruhi kuantitas penawaran akan sebuah barang dan jasa. Beberapa faktor tersebut meliputi :
  1. Biaya dari sumber daya yang digunakan
  2. Teknologi
  3. Banyak penjual
  4. Ekspektasi dari harga yang akan datang
  5. Pajak dan subsidi
  6. Pembatasan pemerintah
Pergeseran kurva penawaran ke kiri atau ke kanan dapat terjadi akibat faktor-faktor lain di luar harga yang memengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan. Jika terjadi peningtkatan penawaran, kurva penawaran bergeser ke kanan, dan jika terjadi penurunan penawaran, kurva penawaran bergeser ke kiri.



Pergeseran Kurva Penawaran
( T-Shirt )

A. Pergeseran Kurva Penawaran ke Kanan

Peningkatan kuantitas t-shirt yang ditawarkan dari s1 ke s2 pada harga Rp.25,00 kuantitas yang ditawarkan meningkat dari 600 buah menjadi 900 buah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kurva penawaran bergeser ke kanan:
  • Teknologi
Kemajuan teknologi dalam memproduksi t-shirt dapat meminimalkan biaya bahan baku pembuatan t-shirt. Jika  biaya produksi lebih rendah, maka produsen terdorong untuk memperbanyak produksi t-shirt dari 600 buah menjadi 900 buah. Oleh karena itu, peningkatan teknologi produksi akan mendorong kurva penawaran bergeser ke kanan.
  • Biaya Dari Sumber Daya yang digunakan
Apabila biaya bahan baku dalam pembuatan t-shirt menurun, maka produsen dapat membeli lebih banyak bahan baku untuk memproduksi t-shirt yang lebih banyak lagi sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan.
  • Banyak Penjual
Jika penjualan t-shirt mendatangkan keuntungan yang tinggi, maka hal ini akan mendorong pemodal-pemodal baru memasuki usaha tersebut, sehingga bartambah banyak penjual t-shirt yang akan mengakibatkan peningkatan jumlah penawaran barang dari 600 buah menjadi 900 buah. Hal tersebut mendorong kurva bergeser ke kanan.
  • Subsidi
Apabila pemerintah memberikan subsidi kepada produsen t-shirt, maka akan terjadi peningkatan peroduksi yang menyebabkan jumlah penawaran t-shirt bertambah dari 600 buah menjadi 900 buah, dan menghasilkan kurva bergeser ke kanan.
  • Ekspektasi dari Harga yang Akan Datang
Apabila produsen t-shirt sudah memperkirakan bahwa situasi perkonomian satu tahun mendatang akan membaik, maka pada saat ini mereka memproduksi t-shirt lebih banyak.
  • Pembatasan Pemerintah
Apabila pemerintah menetapkan kebijakan fiskal ekspansif, maka akan terjadi peningkatan daya beli masyarakat sehingga produsen t-shirt akan meningkatkan jumlah penawaran t-shirtnya.

B. Pergeseran Kurva Penawaran ke Kiri
Penurunan kuantitas t-shirt yang ditawarkan mengakibatkan pergeseran kurva penawaran bergeser ke kiri dari s1 ke s2. Pada harga Rp.25,00 kuantitas yang ditawarkan menurun dari 600 buah menjadi 300 buah..
Faktor-faktor yang memengaruhi kurva penewaran bergeser ka kiri:
  • Biaya dari Sumber Daya yang digunakan
Apabila bahan baku dalam pembuatan t-shirt naik atau mahal , maka produsen hanya akan membeli bahan baku seperlunya untuk memproduksi t-shirt, sehingga penawaran akan t-shirt pun menurun dari 600 buah menjadi 300 buah. Hal tersebut mnengakibatkan kurva bergeser ke kiri.
  • Pajak
Semakin besar pajak yang ditetapkan pemerintah, maka produsen akan menurunkan produksinya, sehingga penawan akan t-shirt pun menurun dari 600 buah menjadi 300 buah.
  •  Ekspektasi dari Harga yang Akan Datang 
Apabila produsen t-shirt sudah memperkirakan bahwa situasi perkonomian satu tahun mendatang akan mamburuk, maka pada saat ini mereka mengurangi produksi t-shirt.
  •  Pembatasan Pemerintah
Apabila  pemerintah menetapkan kebijakan fiskal kontraktif, maka akan terjadi penurunan  daya beli masyarakat sehingga produsen t-shirt akan mengurangi jumlah penawaran t-shirtnya.


Sumber : Alam S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta. Esis.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar