Kamis, 26 Januari 2012

Utility

   UTILITY


         Utility adalah salah satu komponen dalam Modern Micro Economics. Utility merupakan jumlah kesenangan atau kepuasan relatif yang dicapai. Utility bersifat relatif yang berarti tingkat kepuasan setiap orang itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya, dan bukan pointer. Semakin tinggi utility, maka akan semakin tinggi pula nilai guna barangnya. Hal itu menunjukkan bahwa barang tersebut semakin diinginkan oleh seseorang. Kepuasan tersebut hanya dapat diukur melalui tambahan kepuasannya, yakni dengan menggunakan kepuasan titik dan menggunakan kurva indiference.

     Seseorang akan melakukan segala usaha untuk mendapatkan kepuasan yang maksimum dengan pendapatan yang terbatas, maka hal inilah yang mempengaruhi permintaan seorang konsumen terhadap barang dan jasa di pasar. Untuk menganalisa pembentukkan permintaan konsumen, maka diperlukan peranan utility.


      Utility erat kaitannya dengan  price (P) dan quantity (Q), apabila permintaan suatu barang tersebut tinggi, maka utility yang ditimbulkan oleh seseorang pun akan tinggi. Selain itu, utility juga berkaitan dengan upah atau gaji seseorang, apabila upah seseorang turun maka dia akan merasa tingkat kepuasannya tidak terpenuhi, sedangkan apabila upah atau gaji seseorang naik, maka tingkat kepuasan tersebut akan terpenuhi secara optimal dan tidak akan mencapai titik maksimum yakni titik dimana kepuasan dapat terpenuhi seluruhnya. Untuk mengukur setiap perubahan tingkat kepuasan yang dimiliki seeorang menggunakan kurva indiference, karena yang diukur pada utility adalah tambahan kepuasannya.



http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar