Sabtu, 22 Oktober 2011

Tugas 3

Globalisasi


      Globalisasi bukanlah hal yang baru dalam kehidupan masa kini, dan erat kaitannya dengan dunia internasional. Globalisasi dapat di tinjau dari berbagai sisi, seperti globalisasi politik, globalisasi ekonomi, dan globalisasi sosial budaya. secara umum pengertian globalisasi menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Berdasarkan  http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2141890-pengertian-globalisasi-ekonomi/#ixzz1bV1uAs88 Globalisasi ekonomi adalah kehidupan ekonomi secara global, yaitu terbuka, tanpa mengenal batas-batas teritorial (kewilayahan) antara negara yang satu dengan negara yang lain. Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif sesuai dari sudut pandang orang melihatnya.
       Globalisasi dapat berdampak negatif jika di lihat dari sudut pandang tenaga kerja, karena globalisasi melahirkan pasar bebas yang berdampingan erat dengan faham ekonomi neoliberal yang memperlakukan tenaga kerja, uang, tanah dan sumber alam hanya sebagai faktor produksi semata atau komoditas yang diperjual belikan. Dampak langsung yang diakibatkan kondisi ini adalah krisis finansial dan ketidak stabilan politik. Tenaga kerja yang hanya dijadikan sebagai faktor produksi akan dianggap layaknya mesin yang tidak bernyawa, maka upah yang akan diberikan pun manjadi seminimal mungkin agar investor dapat memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Dan yang terjadi adalah tenaga kerja dari negara berkembang dan miskin akan diperas tenaganya dengan iming-iming perekonomian negara tersebut menjadi lebih baik.
        Globalisasi dapat berdampak positif jika di lihat dari sudut pandang seorang investor atau pemillik modal. Globalisasi memberikan peluang bagi para investor untuk menanamkan modalnya dengan peluang keuntungan yang lebih besar, karena ruang lingkup investor untuk berinvestasi menjadi lebih luas dengan adanya globalisasi.




http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar