Rabu, 17 November 2010

Tugas 7

1. Jelaskan secara singkat lima konsep pemasaran?
2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran?
3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran?
4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix?

Jawab

Lima konsep pemasaran antara lain :

Konsep Pemasaran Berwawasan Produksi
Konsep ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yang mullah didapat dan murah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas. Konsep ini dapat dijalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan dimana biaya produk tersebut sangat tingi. Kelemahan konsep pemasaran ini adalah pelayanan tidak ramah dan buruk.
Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya. Industri yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan dalam pemasaran.
Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual
Konsep ini berpendapat bahwa kalau pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya membeli. Konsep ini sering digunakan pada " Produk yang tidak dicari" atau tidak terpikir untuk dibeli serta pada industri yang mengalami kelebihan kapasitas produksi.
Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada saingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada empat pilar utama, yaitu :
(1) pasar sasaran,
(2) kebutuhan pelanggan,
(3) pemasaran yang terkoordinir serta
(4) keuntungan.
Konsep ini telah dinyatakan dalam banyak cara
- Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
- Temukan keinginan dan penuhilah
- Cintailah pelanggan bukan produknya
- Dapatkanlah sesuai kesukaan anda
- Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan kepuasan tertinggi bagi uang pelanggan.
Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat meminta pemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan pemasaran, yaitu
(1) keuntungan industri jangka pendek,
(2) kepuasan pelanggan jangka panjang dan
(3) kepentingan umum dalam pengambilan keputusan.

Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah tempat bartemunya produsen dan konsumen.
Sedangkan pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar debgan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Perbedeaan Kebutuhan dan Keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera. Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

Pegertian Marketing Mix
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978)Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html
http://www.perencanakeuangan.com/files/KebutuhanVSKeinginan

Jumat, 05 November 2010

Tugas 6

1. Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yang saudara ketahui?
   Maksimal empat.
2. Jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi?
3. Dalam bidang produksi mempercayai lima tanggung jawab keputusan utama.
    Sebutkan dan jelaskan!

Jawab

Sifat-sifat produksi :

Selalu barorientasi pada kualitas dan efisiensi.
Kualitas dan efisiensi produk perlu menjadi dasar bagi proses produksi. Dalam era globalisasi persaingan antar produk yang sejenis berjalan sangat ketat, oleh karena itu di dalam proses produksi harus menjaga kualitas produk yang baik sehingga banyak digemari konsumen. Disamping itu, efisiensi perlu ditingkatkan agar dapat menekan biaya produksi menjadi serendah mungkin. Dengan biaya produksi yang rendah, berarti ia dapat menghasilkan barang dengan harga yang murah. BArang yan g harganya murah cendrung akan banyak pembelinya.
Berani mengambil resiko
Dalam proses produksi, haruslah berani menanggung kerugian jika ternyata hasil usahanya belum memberi keuntungan untuk sementara waktu.
Mampu menentukan tujuan
Dengan tujuan yang jelas seorang produsen dapat dengan mudah menilai apakah bidang usaha yang digelutinya sesuai dengan tujuan yang dicanangkan.
Mampu membuat perencanaan dan pengawasan yang efektif
Tanpa ada perencanaan produsen tidak mampu melakukan penetapan prioritas kegiatan dalam memanfaatkan berbagai sumber dan faktor produksi yang dimiliki dalam jumlah yang terbatas. selain itu produsen perlu menciptakan sistem pengawasan yang baik agar perencanaan yang telah dibuat dapat dilakukan tanpa ada penyimpangan.

Pengertian produksi :

Secara umum produksi sering diartikan sebagai tindakan menghasilkan barang-barang.
Produksi secara ekonomi  bukan hanya sekedar menghasilkan barang-barang melainkan produksi adalah kegiatan menambah faedah atau kegunaan suatu banda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Lima tanggung jawab keputusan uatama dalam bidang produksi :

Proses
Keputusan -keputusan dalam kategori ini menentukan proses fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi barang atau jasa. Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi, arus proses, tata letak (lay out) peralatan, dan keseluruhan fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan.
Kapasitas
Keputusan dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat. Kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun. Dalam jangka pendek fasilitas kadang-kadang diperbesar dengan mengadakan sub-kontrak kepada pihak luar atau penambahan regu (shift) ekstra atau menyewa ruangan/peralatan tambahan.
Persediaan
Manajer persediaan membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesan serta kapan pemesanan dilakukan.
Tenaga Kerja
Dalam manajemen produksi, penentuan dan pengolahan tenaga kerja atau sumber daya menusia menempati posisi yang sangat penting. Proses produksi yang menganggap kegiatan untuk menghasilkan produk, baik berupa barang atau jasa, keputusan tentang tenaga kerja mencangkup seleksi panggajian, pelatihan, penempatan, penyeliaan atau supervise.
Mutu atau Kualitas
Ditandai dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar terhadap mutu atau kualitas barang atau jasa yang dihasilkan. Mutu merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan.


Sumber :

Nurhadi Suryanto.2004.Ekonomi SMP Kelas VII.Jakarta:Erlangga
Alam.2007.Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X.Jakarta:Erlangga
http://pksm.mercubuana.ac.id

Kamis, 04 November 2010

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi?

2. Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita? Jelaskan!

3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif?

4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi dan mengapa prinsip tersebut
    diperlukan?

5. Sebutakan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu?

Jawab


Manajemen adalah koordinasi semua sumberdaya melalui proses perencanaan, pengorganisasian,  penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Organisasi adalah sarana atau wadah berkumpulnya sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerjasama di dalam mencapai suatu tujuan di situlah manajemen diperlukan dan dibutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerjasama, dan kerjasama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang ditentukan semula, tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerjasama, karena hasil yang dicapai lebih besar dibandingkan bila dilakukan secara individu. Tiga alasan penting mengapa manajemen dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita.
a. tujuan yang hendak dicapai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi
b. mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi,  perbankan, pelanggan, konsumen, dan serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat, dan pemerintah.
c. mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapain tujuan.

Manajer yang efisien yaitu seorang manajer yangmempunyai kemampuan atau dapat mencapi input yang lebih besar dari pada out putnya. Boleh dikatakan juga bahwa seorang manajer yang efisien yaitu manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan. Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat didalam pencapaian tujuan.

Prinsip koordinasi adalah proses penyatuan tujuan-tujuan perusahaan dan kegiatan pada tingkat satu satuan yang terpisah dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlabih dahulu. Prinsip koordinasi dibutuhkas sekali oleh para kayawan sebab tanpa ini setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diiikuti, yang akhirnya akan merugikan organisasi itu sendiri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
a. Ingin merasa berguna dan penting
b. Ingin memiliki dan diakui setiap individu
c. Ingin memperoleh prestasi
d. Ingin memperoleh penghargaan

Abdul Muhyi Mohammad. 1991. Pengantar Manajemen Umum. Jakarta: Gunadarma

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi?

2. Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita? Jelaskan!

3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif?

4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi dan mengapa prinsip tersebut
    diperlukan?

5. Sebutakan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu?

Jawab

  1. Manajemen adalah koordinasi semua sumberdaya melalui proses perencanaan, pengorganisasian,  penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Organisasi adalah sarana atau wadah berkumpulnya sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  2. Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerjasama di dalam mencapai suatu tujuan di situlah manajemen diperlukan dan dibutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerjasama, dan kerjasama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang ditentukan semula, tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerjasama, karena hasil yang dicapai lebih besar dibandingkan bila dilakukan secara individu. Tiga alasan penting mengapa manajemen dibutuhkan dalam setiap aktiva. tujuan yang hendak dicapai baikitas kita.                    tujuan organisasi maupun tujuan pribadi
  3. b. mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi, perbankan, pelanggan, konsumen, dan serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat, dan pemerintah.
  4. c. mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapain tujuan.
  5. Manajer yang efisien yaitu seorang manajer yangmempunyai kemampuan atau dapat mencapai input yang lebih besar dari pada out putnya. Boleh dikatakan juga bahwa seorang manajer yang efisien yaitu manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan. Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat didalam pencapaian tujuan.
  6. Prinsip koordinasi adalah proses penyatuan tujuan-tujuan perusahaan dan kegiatan pada tingkat satu satuan yang terpisah dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlabih dahulu. Prinsip koordinasi dibutuhkan sekali oleh para karyawan sebab tanpa ini setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diikuti, yang akhirnya akan merugikan organisasi itu sendiri.
  7. a. Ingin merasa berguna dan penting                                                                                                   b. Ingin memiliki dan diakui setiap individu                                                                                         c.Ingin memperolah prestasi                                                                                                               d. Ingin memperoleh penghargaan